Tutorial

Cara Mengatasi Boot Loop Pada Andromax V

Handphone dengan OS android sekarang ini banyak sekali penggunanya. Mungkin Anda juga salah satu pengguna android? Untuk para pengguna android, pernahkah Anda mengalami masalah boot loop? Bagi yang belum tahu boot loop adalah masalah yang muncul pada gadget android berupa restart terus menerus. Ketika sudah mau nyala hanya keluar logonya saja kemudian mati lalu restart lagi, itulah yang disebut dengan boot loop. Masalah yang seperti ini tentunya tidak ingin dialami bukan? Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi pada gadget Anda?

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah boot loop pada Andromax V. Gadget keluaran Smartfren ini termasuk kategori gadget yang laris di Indonesia dengan harga yang terjangkau sudah bisa mendapatkan gadget Android dengan spesifikasi yang bagus pula. Smartphone Andromax V ini sudah dilengkapi dengan OS Android Jelly Bean, layar 5 inchi, kamera 5 mega pixel, ditambah lagi dengan dual sim CDMA dan juga GSM. Belum lagi dalam gadget ini juga tersemat prosessor Quad Core dengan kecepatan 1,2 GHz dan RAM 1 GB. Bagaimana, lengkap dan canggih bukan?Boot Loop Pada Andromax V

Untuk Anda pengguna handphone Smartfren Andromax V ini tidak perlu khawatir jika mengalami masalah boot loop karena masalah ini bisa diatasi sendiri tanpa harus membawa gadget ke teknisi. Sebelum mengatasi masalah boot loop di gadget ini, sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu software yang dibutuhkan pada PC atau laptop Anda. Adapun software yang dibutuhkan yaitu:

  1. USB Driver untuk Andromax V
  2. Auto installer Driver
  3. SP Flash Tool, dan
  4. File Room

Setelah semua software sudah ada di PC Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi boot loop yang dialami Anda.

  1. Semua software yang dibutuhkan harus diekstrak terlebih dahulu dengan menggunakan WinRAR ataupun ZIP sesuai dengan yang ada pada PC Anda.
  2. Colokkan kabel USB Smartfren Andromax V Anda kemudian matikan gadget Anda dan lepas juga baterainya.
  3. Lakukan penginstalan pada Auto Installer Driver dan juga USB Driver yang sudah Anda siapkan.
  4. Hubungkan atau pasanglah gadget Anda yang sudah dilepas baterainya dengan kabel USB data tadi agar terhubung ke PC atau laptop Anda.
  5. Kemudian, langkah selanjutnya jalankan file Flash tool.exe yang terdapat pada folder SP Flash tool yang sudah diekstrak tadi.
  6. Kemudian klik tombol ‘Scatter loading’ yang ada di sebelah kanan dari aplikasi SP Flash tool.
  7. Browse file dengan nama ‘MT6589_Android_scatter_emmc.txt’ file ini terdapat pada folder file Room yang sudah diekstrak tadi oleh Anda.
  8. Setelah itu akan muncul banyak sekali kotak ceklist dan hilangkan semua tandanya kecuali yang pada opsi ‘preloader’ lalu pilih download.

Ketika muncul Pop Up tekan atau pilih saja OK. Biarkan semua proses replace Room sampai selesai. Selama melakukan ini, jangan lepaskan koneksi gadget Anda dengan PC.