Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus – Sebagai perangkat yang multi canggih dalam menjalankan segala hal, baik aplikasi maupun game-game HD. Sudah pasti software Android akan rentan sekali dengan serangan virus atau malware. Biasanya virus tersebut diselipkan pada aplikasi unduhan, sehingga dapat menyasar ke perangkat Android. Meskipun Play Store sudah memiliki fitur filter untuk aplikasi yang berbahaya.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Namun, jika anda mengatasinya menggunakan aplikasi antivirus bisa saja menjadi solusi kurang tepat. Hal ini dikarenakan virus mampu menyebar ke aplikasi antivirus itu. Lantas, bagaimana cara yang baik dan benar untuk menghalau virus Android? Rupanya anda bisa membuat back up dari data aplikasi yang penting agar proses pemeriksaan virus terjaga. Tetapi masih ada cari lain yang lebih ampuh menghilangkan virus seperti berikut ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

1. Masuk Pada Safe Mode

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk pada tampilan berupa Safe Mode. Dimana tampilan tersebut menyajikan efek yang lebih leluasa. Di samping itu, segi keluaran juga tampak ringan yang mana akan menghilangkan semua aplikasi kecuali aplikasi inti. Namun, tenang saja aplikasi di perangkat hanya hilang untuk sementara waktu. Umumnya jika pada tamilan Safe Mode, anda dapat melakukan perpindahan dari sistem secara leluasa dalam pembersihan file sampah atau file termasuk virus atau malware.

2. Hapus Akses Administrator

Jika anda masih curiga akan virus yang menginfeksi perangkat Android, sebaiknya posisikan smartphone anda dalam keadaan Safe Mode. Akan tetapi, kali ini berbeda anda harus menghapus sebuah akses administrator aplikasi yang asing atau bersifat mencurigakan. Adapun cara yang dilakukan adalah masuk ke menu Setting > Security > Device Administrator. Barulah anda melihat apa ada yang bersifat aneh, jika iya cobalah hilangkan akses administrator tersebut.

3. Mengecek Aplikasi di Safe Mode

Masih dalam Safe Mode untuk melakukan pengecekan aplikasi yang terinstall. Untuk caranya tinggal masuk ke menu Settings – Apps, kemudian pilih tab Downloaded. Dengan sendirinya sistem bekerja untuk menghilangkan seluruh daftar aplikasi dari pihak ketiga di bagian Safe Mode. Tetapi virus merupakan sebuah sistem, tentunya virus tersebut dapat tampak sebagai aplikasi pihak ketiga yang masih bisa menjalankan fungsi sistem. Jika kejadiannya seperti ini, maka aplikasi asing akan muncul yang dirasa tak pernah diinstall.

4. Keluar Safe Mode

Setelah seluruh pemprosesan cara sebelumnya terselesaikan, dipastikan virus maupun malware yang mengidap pada perangkat smartphone Androod anda dianggap sudah hilang. Dengan begitu, anda diwajibkan untuk keluar dari Safe Mode dan kembali ke tampilan yang normal. Setidaknya dilakukan secara lebih cepat.

Jika cara di atas belum bisa menghilangkan virus secara efektif, maka lakukan factory reset yang memang termasuk cara ampuh sebagai pembasmi virus Android. Hanya saja memiliki risiko lebih besar yang akan melenyapkan semua data, namun anda bisa menginstallnya lagi.

Post Comment